SOAL-SOAL LATIHAN
SOAL
NO 1 - 10
1
Semua yang berkaitan dengan fakta
yang diperoleh dari pengamatan dengan menggunakan berbagai indra (hasil
observasi) disebut ….
|
A. Estimasi
|
|
B. prediksi
|
|
C. Inteprestasi
|
|
D. Penyelidikan
|
2
Seorang guru berupaya untuk
memusatkan perhatian siswa dengan cara menunjukkan atau mempertontonkan suatu
fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berkitan dengan
topik yang sedang dipelajari. Pada model belajar IPA atau CLIS, maka tahapan
yang diberikan guru adalah ….
|
A. orientasi
|
|
B.pemunculan gagasan
|
|
C. penyusunan ulang gagasan
|
|
D. penerapan gagasan
|
3 Equus pada penulisan nama
ilmiah Equus cabalus dalam urutan tingkat takson menunjukkan….
|
A. spesies
|
|
B. genus
|
|
C. suku
|
|
D. ordo
|
4 Mamalia air (Paus), setiap
beberapa menit sekali selalu menyembulkan kepalanya ke permukaan air untuk
menghirup udara.Kegiatan paus tersebut termasuk pada adaptasi
|
A. fisiologi
|
|
B. tingkah laku
|
|
C. konvergen
|
|
D. morfologi
|
5 Pernyataan berikut yang termasuk
contoh dari adaptasi fisiologi adalah....
|
A. ketajaman indra pendengar
kelalawar pada malam hari
|
|
B. menggulungnya daun jagung jika
udara panas
|
|
C. cicak memutuskan ekornya pada
saat ada bahaya
|
|
D. pohon flamboyan menggugurkan
daunnya pada musim kemarau
|
6 Kebutuhan lauk pauk yang
dianjurkan dalam seporsi makanan untuk anak usia 7-9 tahun adalah....
|
A. 250 gram
|
|
B. 200 gram
|
|
C. 150 gram
|
|
D. 100 gram
|
7 Wortel yangh disimpan lama
biasanya akan menjadi busuk dan lembek. Hal ini disebabkan oleh bakteri....
|
A. Erwinia
|
|
B. Straphylococcus aureus
|
|
C. Lactobacillus plantarum
|
|
D. Pseudomonas flourescens
|
8
Cara pengolahan bahan makanan dapat
berpengaruh terhadap kandungan gizi. Seperti kentang yang digoreng akan
kehilangan vitamin C sebanyak...
|
A. 25%
|
|
B. 30%
|
|
C. 50%
|
|
D. 75%
|
Benar. Kentang yang digoreng akan
menghilangkan vitamin C sebanyak 25%
9
Bagian organ eksternal pria berupa
sepasang kantung yang tersusun oleh kulit tipis disebut....
|
A. testis
|
|
B.
skrotum
|
|
C. epididimis
|
|
D. uretra
|
Benar, skrotum merupakan organ laki-laki
berupa sepasang kantung tipis dan fascia superfisial
10
Bagian dari testis yang berfungsi
menghasilkan sperma adalah...
|
A. sel sustentakeler
|
|
B. tubulus seminiferus
|
|
C. sel endokrin interstitial
|
|
D. tunica albuginea
|
Benar, penghasil sperma adalah tubulus seminiferus
SOAL
NO 11 - 20
11
Bagian ovarium yang berfungsi
menghasilkan hormon progesteron, estrogen dan relaksin adalah...
|
A. folikel graff
|
|
B. corpus lutium
|
|
C. ephithelium germinatum
|
|
D. stroma
|
Benar, sebagai penghasil hormon
progesteron, estrogen dan relaksin
12
Suatu kelainan seksual dimana untuk
memperoleh kepuasan seksual dengan melihat penderitaan fisik maupun mental
orang lain melalui penderitaan dirinya sendiri disebut....
|
A. sadismus
|
|
B. bestiality.
|
|
C. masochismus
|
|
D. masturbasi.
|
Benar, kelainan seksual ini menyakiti orang
lain dan dirinya sendiri
13
Suatu pita berbentuk spiral yang ada
dalam kromosom disebut ....
|
A. kromomer
|
|
B. kromonema
|
|
C. sentromer
|
|
D. telomer
|
Benar,kromonema merupakan pita yang
berbentuk spiral dalam kromosom
14
Perkawinan bunga warna merah dengan
putih di mana keduanya tidak merupakan sifat dominan resisif, maka akan
menghasilkan perbandingan fenotip F2 adalah....
|
A. 1:2:1
|
|
B. 3:1
|
|
C. 9:3:3:1
|
|
D. 1:1:1:1
|
Benar, merupakan perbandingan F2 dari sifat
intermediet
15
Proses pengontrolan kelahiran yang
dilakukan dengan cara pengangkatan uterus disebut....
|
A. kastrasi
|
|
B. oophorektomi
|
|
C. histerektomi
|
|
D. vasektomi
|
Benar, yaitu
pengontrolan kelahiran dengan cara mengangkat uterus
16
Oncom merupakan produk bioteknologi
sederhana dengan cara memfermentasikan bungkil kacang tanah dengan jamur....
|
A. A.oryzae
|
|
B. Mucor javanicus
|
|
C. Neurospora
|
|
D. Saccharomyces cerevicae
|
Benar, merupakan jamur dalam pembuaan oncom
17
Bentuk energi yang hanya ada sebagai
energi tersimpan yang bisa lepas akibat interaksi partikel dengan atau di dalam
inti atom disebut sebagai energi....
|
A. kimia
|
|
B. nuklir
|
|
C. Elektromagnetik
|
|
D. mekanik
|
Benar
18
Dalam sebuah pengantar mengalir
muatan sebesar 50 coulomb selama 4 detik. Berapa besarnya arus yang mengalir
dalam pengantar tersebut?
|
A. 50 ampere
|
|
B. 25 ampere
|
|
C. 12,5 ampere
|
|
D. 10 ampere
|
Benar, dimana q = 50C, t = 4 detik, maka
besarnya arus (I) adalah I=q/t atau 50/4 = 12,5
19
Untuk meningkatkan nilai efisiensi
nitrogen, mereduksi penyakit pada hewan ruminansia dan mengontrol kelembaban
kotoran hewan biasanya peternak menggunakan ….
|
A.
zeolit
|
|
B. benzoit
|
|
C. pasir putih
|
|
D. gibsum
|
Benar, karena zeolit juga dapat mengontrol
kandungan amonia kotoran hewan
20
Tanaman yang dapat digunakan sebagai
pengobatan kencing batu karena sifatnya yang diuretic adalah.
|
A.kemangi.
|
|
B. kunyit.
|
|
C. keji beling.
|
|
D. tanaman kecubung.
|
Benar, keji beling digunakan sebagai obat kencing batu .
SOAL NO 21 - 30
21
Pernyataan berikut ini merupakan
keterampilan proses
|
1. observasi dan
inferensi
|
Incorrect
|
|
|
2. pengukuran dan
estimasi
|
Correct
|
|
|
3. komunikasi dan
interprestasi
|
Incorrect
|
Jawaban 1, 2 dan 3 semua merupakan
keterampilan proses, selain itu juga prediksi, berhipotesis, pengendalian
variabel dan eksperimen
22
Seorang siswa melakukan penelitian
tentang "Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman"
Dilakukan dengan meletakkan tanaman A pada tempat dengan intensitas cahaya yang
bervariasi yaitu pada intensitas yang rendah dan pada intensitas yang tinggi.
Setiap tanaman diberikan perlakukan yang sama seperti jenis tanaman, jenis
tanah yang digunakan dan ukuran pot. Pertanyaan yang benar tentang pernyataan
di atas adalah....
|
1. variabel kontrol :
jenis tanah
|
Incorrect
|
|
|
2. variabel terikat :
pertumbuhan tanaman
|
Incorrect
|
|
|
3. variabel bebas :
cahaya
|
Incorrect
|
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar.
Variabel control merupakan variabel yang tidak diubah, seperti jenis tanah dan
ukuran pot. Variabel terikat adalah kondisi yang mungkin dipengaruhi atau
dikenai akibat perubahan. Variabel bebas merupakan suatu faktor atau kondisi
dalam sebuah eksperimen yang secara khusus diubah oleh seorang peneliti
23
Fokus dalam Literasi Sains (PISA)
tahun 2006 adalah literasi....
|
1. sains
|
Incorrect
|
|
|
2. tehnologi komputer
|
Incorrect
|
|
|
3. problem solving
|
Incorrect
|
Jawaban no 1, 2 dan 3 adalah benar.
Semua jawaban meruapakan literasi yang difokuskan pada literasi sains (PISA)
2006
24
Pernyataan berikut ini merupakan
penilaian literasi sains....
|
1. tidak ditujukan untuk
membedakan siswa literat atau tidak
|
Incorrect
|
|
|
2. merupakan proses yang
kontinue dan terus menerus berkembang sepanjang hidup manusia
|
Incorrect
|
|
|
3. hanya melihat adanya
benih-benih literasi dalam diri siswa
|
Incorrect
|
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar,
semua meruapakan pernyataan tentang literasi sains
25
Model pembelajaran yang dilandasi
kontruktivisme adalah....
|
1. model siklus belajar
|
Incorrect
|
|
|
2. model pembelajaran
generatif
|
Incorrect
|
|
|
3. model pembelajaran
interaktif
|
Incorrect
|
Jawaban semua benar, model
pembelajaran yang dilandasi kontruktivisme selain 3 model tersebut juga model
CLIS dan model strategi pembelajaran kooperatif
26
Aktivitas siswa dalam fase
klarifikasi pada saat pembelajaran kontruktivisme adalah....
|
1. siswa merumuskan
kembali pengetahuan tentang konsep yang sedang dipelajari
|
Correct
|
|
|
2. siswa secara
berkelompok mendiskusikan rencana penyelidikan
|
Correct
|
|
|
3.siswa berkelompok
melakukan penyelidikan untuk menguji rencananya
|
Correct
|
Jawaban semua benar, semua merupakan
aktivitas dalam fase klarifikasi
27
Kriteria yang harus dipertimbangkan
dalam mengembangkan model pembelajaran terpadu berkenaan dengan perkembangan
anak adalah....
|
1. karakteristik mata
pelajaran
|
Incorrect
|
|
|
2. lingkungan sebagai
sarana belajar
|
Incorrect
|
|
|
3. kebutuhan anak
|
Incorrect
|
no 1,2 dan 3 adalah benar,
masing-masing kriteria memberikan sumbangan tersendiri
28
Pernyataan berikut ini merupakan
tujuan dilakukannya klasifikasi makhluk hidup
|
1. untuk mengetahui
hubungan kekerabatan makhluk hidup
|
Incorrect
|
|
|
2. memudahkan dalam
mempelajari organisme yang beranekaragam
|
Incorrect
|
|
|
3. mengelompokkan makhluk
hidup berdasarkan persamaan cirinya agar mudah dikenali
|
Incorrect
|
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar.
Salah satu tujuan utama dari klasifikasi adalah untuk memudahkan kita dalam
mempelajari organisme yang ada di alam ini, selain itu mengetahui hubungan
kekerabatan yang dimiliki oleh mahkluk hidup, misalnya kucing memiliki kekerabatan
yang lebih dekat dengan harimau dibandingkan dengan biawak, karena berdasarkan
persamaan ciri sama-sama melahirkan anak, menyusui dan bertulang belakang
29
Pernyataan berikut ini adalah benar
tentang proporsi kelompok sayur-sayuran yang harus dikonsusi berdasarkan gizi
seimbang:
|
1. lebih banyak
dibandingkan dengan kelompok karbohidrat
|
Correct
|
|
|
2. lebih banyak
dibandingkan dengan kelompok buah
|
Incorrect
|
|
|
3. lebih banyak
dibandingkan dengan kelompok lauk pauk
|
Incorrect
|
Jawaban 2 dan 3 adalah benar,
proporsi sayuran berdasarkan gizi seimbang harus lebih banyak dibandingkan
dengan kelompok buah dan lauk-pauk. Jawaban 1 salah, karbohidrat merupakan
kelompok yang paling banyak dibandingkan kelompok buah, sayuran, lauk-pauk dan
lemak.
30
Zat warna merupakan zat adiktif yang
sering dibubuhi dalam makanan siap saji. Dampak kesehatan yang ditimbulkan oleh
zat warna antara lain....
|
1. kerusakan otak
|
Incorrect
|
|
|
2. kelainan hati
|
Incorrect
|
|
|
3. asma
|
Incorrect
|
Jawaban 1, 2 dan 3 benar, semua
merupakan dampak yang ditimbulkan oleh zat warna
SOAL NO 31 - 40
31
Pernyataan berikut ini adalah benar
tentang RNA:
|
1. mempunyai pita
tunggal
|
Incorrect
|
|
|
2.mengandung gula ribose
|
Incorrect
|
|
|
3. berisi informasi dari
satu gen
|
Incorrect
|
Jwaban 1, 2 dan 3 benar, semua
jawaban merupakan ciri-ciri dari RNA
32
Contoh penyakit keturunan dimana
alel resisif terpaut pada kromosom X adalah....
|
1. hemophilia
|
Incorrect
|
|
|
2. albino
|
Correct
|
|
|
3. fragile sindrom
|
Incorrect
|
Jawaban 1 dan 3 adalah benar,
merupakan penyakit keturunan dimana alel resisif terpaut pada kromosom X.
Jawaban 2 salah, merupakan penyakit keturunan dimana alel resesif terpaut pada
kromosom tubuh
33
Sistem penyimpanan energi potensial
yang selanjutnya diubah menjadi energi listrik biasanya ditemukan pada....
|
1. bendungan
|
Incorrect
|
|
|
2. pengairan
|
Incorrect
|
|
|
3. pembangkit tenaga air
|
Incorrect
|
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar
34
Bentuk energi berikut ini merupakan
energi terbarukan....
|
1. energi matahari
|
Incorrect
|
|
|
2. energi nuklir
|
Incorrect
|
|
|
3. energi angin
|
Incorrect
|
Semua jawaban adalah merupakan
energi terbarukan, selain itu yang termasuk energi terbarukan yang lain adalah
energi laut, energi biomassa, energi air dan energi panas bumi
35
Pernyataan berikut ini yang benar
tentang konsep listrik adalah....
|
1. terdapat dua jenis
muatan yaitu positif dan negatif
|
Incorrect
|
|
|
2. muatan negatif yang
dimiliki oleh elektron dalam suatu lintasan selalu mengelilingi inti yang
bermuatan positif
|
Incorrect
|
|
|
3. elektron-elektron
dapat keluar dari orbitnya dan bergerak dari atom ke atom lainnya sebagai
elektron bebas
|
Incorrect
|
Jawaban 1, 2 dan 3 adalah benar,
ketiganya merupakan konsep tentang listrik
36
Larutan yang dapat digunakan sebagai
indikator untuk memerahkan lakmus biru adalah....
|
1. air cuka
|
Incorrect
|
|
|
2. air hujan
|
Incorrect
|
|
|
3. air sabun
|
Correct
|
Jawaban no 1 dan 2 adalah benar,
disamping itu beberapa larutan yang bersifat asam lainnya adalah air jeruk, air
tomat, air aki. Jawaban no 3 salah karena air sabun adalah basa yang akan
membirukan lakmus merah
37
Pernyataan yang benar tentang sampah
organik adalah....
|
1. sampah yang berasal
dari alam baik flora maupun fauna
|
Incorrect
|
|
|
2. tidak mudah terurai
dan mempunyai sifat kering
|
Correct
|
|
|
3. dalam jumlah banyak
dapat menimbulkan masalah lingkungan
|
Incorrect
|
Jawaban 1 dan 3 benar, sampah
organik adalah sampah yang berasal dari flora dan fauna, meskipun dapat diurai
oleh decomposer namun dalam jumlah yang banyak tetap menimbulkan masalah
lingkungan seperti pencemaran bau dan sumber penyakit. Jawaban no 2 salah
karena merupakan karakteristik dari sampah anorganik
38
Karakteristik limbah cair dapat
diketahui menurut sifat-sifat dan karakteristik fisiknya, antara lain dari....
|
1. kekeruhan
|
Incorrect
|
|
|
2. bau
|
Incorrect
|
|
|
3. temperatur
|
Incorrect
|
Jawaban 1, 2 dan 3 benar, sifat
keruh air dapat dilihat dengan mata secara langsung karena adanya partikel
koloidal. Adanya zat-zat organik serta campuran dari nitrogen, sulfur dan
fosfor yang berasal dari pembusukan protein yang dikandung limbah mengakibatkan
dikeluarkannya gas-gas seperti sulfide yang berbau busuk. Limbah yang mempunyai
temperatur tinggi akan mengganggu biota tertentu
39
Limbah kertas dapat dimanfaatkan
kembali (didaur ulang) untuk....
|
1. dibuat bubur pulp
kembali untuk bahan kertas
|
Incorrect
|
|
|
2. dihancurkan sebagai
bahan isolasi
|
Incorrect
|
|
|
3. diinsenerasi sebagai
penghasil panas
|
Incorrect
|
Jawaban yang benar adalah 1, 2 dan
3, semua bahan ini dapat dimanfaatkan dari limbah kertas
40
Etika lingkungan neo-utilitarisme
adalah etika lingkungan yang menekankan, kecuali pada
|
1. perjuangan hak-hak
binatang
|
Incorrect
|
|
|
2. menekankan kehidupan
sebagai standar moral
|
Incorrect
|
|
|
3. kebaikan untuk
seluruh makhluk
|
Correct
|
Jawaban 1 da 2 benar bukan merupakan
etika neo-utilitarisme, karena perjuangan hak-hak binatang termasuk pada etika
lingkungan zoosentrisme, dan menekankan kehidupan sebagai standar moral
merupakan etika lingkungan biosentrisme. Jawaban 3 benar kabaikan untuk seluruh
makhluk
Informasi tutorial mahasiswa UT PGSD semester IX.
Bagi mahasiswa yang berasal dari SMA IPA, Sangat terbantu untum memahami materi dalam modul ini, hanya pada modul I ( Bekerja Ilmiah : Inkuiri dan Ketrampilan Proses sains, Literasi sains dan Pengukuran ) Modul II ( Model model pembelajaran IPA : Kontruktivisme dalam Pembelajaran IPA, Model PEmbelajaaran IPA ) yang belum di perkenalkan dikarenakan memang bukan untuk siswa SMA.
Bagi mahasiswa tersebut tutor mengharapkan menjadi motor penggerak bagi mahasiswa yang lain.
Pembagian materi kuliah sbb :
- Klasifikasi Makhluk Hidup
- Adaptasi makhluk hidup terhadap Lingkungannya
- Kandungan gizi dan gizi seimbang
- Penilaian gizi pada makanan
- Anatomi dan fisiologi reproduksi Manusia
- Penurunan sifat pada Manusia
- Pendidikan Keluarga Sejahtera dan Bahagia
- Pengenalan Bioteknologi sederhana
- Cara memanfaatkan energi dari alam
- Sumber energi
- Listrik dan rangkaian sederhana
- Bahan-bahan Alam di sekitar kita
- Pemanfaatan Tumbuhan
- Jenis,sifat dan Sumber LImbah
- Etika Lingkungan
Selama tutorial ada 3 tugas tutorial yang dikerjakan secara individu. soal tugas akan diposkan secara bertahap di alamat blog ini dan hasil dapat dikirim ke email
TUGAS 1
TUTORIAL MATERI DAN PEMBELAJARAN IPA SD
1.Dalam pembelajaran IPA ketrampilan proses sains (KPS) dipandang
sebagai ketrampilan untuk melatihkan metode ilmiah kepada siswa, dengan
harapan pola pikir siswa terbentuk, kemampuan indera dan ketrampilan
psikomotor berkembang. Jelaskan ketrampilan apa saja yang termasuk dalam
ketrampilan proses dasar ? Jelaskan ketrampilan apa saja yang termasuk
ketrampilan terintegrasi ?2. Ada dua dua teori tentang belajar yaitu teori behavior dan kontruktivis, bagaimanakah pandangan kedua teori tersebut tentang proses pembelajaran ? Apa bedanya dengan tabularasa ? Implikasi pandangan kontruktivisme bahwa belajar sebagai perubahan konsep, terjadi pergeseran peran guru dari sumber dan pemberi informasi menjadi pendiagnosis dan fasilitator belajar siswa. Mengapa demikian ? Bagaimanakah keterkaitan istilah konsep, konsepsi, miskonsepsi dan prinsip dalam proses pembelajaran siswa ?
3. Sumber daya manuisa sekarang dituntut mempunyai kapabilitas individu tinggi, hal ini berkaitan dengan literasi sains seseorang. Apakah yang dimaksud dengan literasi sains itu ? berikan gambarannya pada situasi di kelas! Ada berapa demensi literasi sains jelaskan ? Menurut PISA, Aplikasi sains mengalami perkembangan dalam membagi aplikasi sains dari tahun 2000 dan tahun 2006, bagaimanakah perbedaannya ?
4. Dalam mata melajaran IPA kelas V semester 2 terdapat materi pokok pesawat sederhana, Standar kompetensi : 5. Memahami hubungan antara gaya, gerak dan energi serta kegunaannya. Kompetensi dasar : menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.Buatlah Rencana Pembelajaran dengan materi diatas, gunakanlah Pendekatan kontekstual dengan stratedi Cooperative Learning dan dalam pelaksanaannya menggunakan teknik Jigsaw. Buat alat ukur untuk mengetahui keberhasilan siswa.
catatan :
1. Tugas ini merupakan tugas ke 1 dari 3 tugas
TUGAS PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP
Tugas II
- Benarkah sebuah pernyataanbahwa “ Air di bumi ini tidak akan pernah habis, tetapi hanya berpindah tempat saja “ Berilah penjelasannya dengan diberi contoh ?
- Jika sebuah sungai telah melalui areal pertanian dan daerah pemukiman padat, Adakah terjadi pencemaran pada air permukaan maupun pada sumber air minum ? Jelaskan kemungkinan sumber polutan dan bahan polutannya ! Adakah kaitannya dengan peristiwa eutrofikasi pada sebuah perairan ? bagaimanakah penjelasannya ?
- Bahan-bahan polutan udara berikut bila terkonsentrasi dalam jumlah tinggi,bagaimanakah pengaruhnya bagi lingkungan global ?
- SO2 ; NO2
- CO2
- CFCs
- Jelaskan bagaimanakah hubungannya antara lapisan tanah,daur biogeokimia dengan proses fotosintesa ?
- Jelaskan bahwa cara pandang antroposentris belum cukup untuk menjamin kelestarian lingkungan hidup manusia atau ekoistem ?
Bagaimanakah prinsip kerja produksi sel gamet pada testes dan pada ovarium ? Bagaimanakah proses ini dipengaruhi oleh kelenjar Hipotalamus , kelenjar gonad ?
II. Bagaimanakah anda mengaitkan antara konsep Kromosom, kromonema, ADN dan gen, buatlah skema yang dapat memperjelas penertian anda !
III. Sebutkan kelainan/penyakit pada manusia yang diwariskan secara autosomal dan diwariskan secara terpaut seks ( sex linkage ) baik pada kromosom X dan kromosom Y. Mengapa sifat yang terpaut dalam kromosom X seorang pria akan diwariskan kepada seluruh anak perempuannya tetapi tidak pada anak laki-lakinya ?
IV. Peristiwa Alel ganda ( Multiple Alelomorfi ) ditemukan pada pewarisan golongan darah pada manusia dan pewarisan warna bulu kelinci, buatlah diagram persilangan dibawah ini :
- Seorang Istri bergolongan AB , suaminya bergolongan darah O, tentukan ratio fenotif keturunannya.
- Seorang Istri bergolongan darah Rh – dan suaminya bergolongan darah Rh +, tentukan ratio fenotip keturunan yang mungkin dilahirkan dari pasangan tersebut ? Dari pasangan tersebut apakah ada kemungkinan muncul kasus Erytroblastosis faetalis/bayi kuning suatu kondisi tubuh yang mengalami kerusakan sel darahnya,jika dimungkinkan berapa persen kemungkinannya.
VI. Dalam pewarisan Hemofili pada wanita bersifat letal ( individu denga genotip homosigot akan menyebabkan kematian sebelum lahir/prematur). Jika seorang wanita carier hemofili menikah dengan laki-laki hemofili, tentukan ratio kemungkinan fenotip letal yang mungkin terjadi ?
VII. Dalam suatu kasus Istri bergolongan darah A,M melahirkan seorang anak bergolongan darah B,MN. Suaminya yang bergolongan darah O,N menuduh pemuda bergolongan darah A,MN sebgai ayah dari anak tersebut. Jika anda diminta menilai kasus tersebut bagaimanakah komentar anda ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar