PROGRAM TUTORIAL
MATA KULIAH
PEMANTAPAN
KEMAMPUAN PROFESIONAL (PKP)
PDGK4501 / 4 SKS
TERDIRI DARI :
MATRIK
AKTIVITAS TUTORIAL & BIMBINGAN
RANCANGAN
AKTIVITAS TUTORIAL & BIMBINGAN
SILABUS
RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL & BIMBINGAN
SATUAN
ACARA PEMBIMBINGAN
CATATAN
BIMBINGAN
ABSENSI
Oleh
ANANG
HARGIYANTO, S.Pd
NIP.
19800101 200604 1 031
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (
UPBJJ )
UNIVERSITAS TERBUKA
PALEMBANG
2014
RANCANGAN AKTIVITAS
TUTORIAL
(RAT)
Mata Kuliah
|
:
|
Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP)
|
||||||||
Semester
|
:
|
10
|
||||||||
Kode/SKS
|
:
|
PDGK4501 /
4 SKS
|
||||||||
Nama Tutor
|
:
|
Anang Hargiyanto, S.Pd
|
||||||||
Waktu tutorial : (1 x
Pertemuan 120 menit)
|
||||||||||
Deskripsi
Singkat Mata Kuliah
|
:
|
Matakuliah ini memuat
panduan Pemantapan Kemampuan Profesional yang terdiri dari tiga bagian. Bagian
pertama berisi konsep dasar PKP, yang menjelaskan tentang hakekat
PKP dan materi-materi yang terkait dengan
penerapan PTK dalam
pembelajaran. Bagian kedua
berisi sistem penyelenggaraan PKP, yang menguraikan tentang kegiatan dan tugas yang harus dilakukan mahasiswa baik
dalam persiapan, pembimbingan dan latihan, serta penilaian.
Bagian ketiga berisi alat penilaian PKP yang akan digunakan untuk
menilai perencanaan dan pelaksanaan
perbaikan pembelajaran yang dilakukan
mahasiswa, serta pelaporan
pelaksanaan PKP
|
||||||||
Kompetensi Umum
|
:
|
Matakuliah ini mempunyai tujuan meningkatkan kemampuan profesional yang lebih
baik dalam menerapkan prinsip-prinsip Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) untuk menemukan, menganalisis, dan merumuskan
masalah pembelajaran yang dihadapi, menemukan dan merancang pemecahan masalah
melalui rencana perbaikan pembelajaran, melaksanajan perbaikan pembelajaran, menemukan kekuatan dan
kelemahan kinerja sendiri dalam perbaikan pembelajaran, serta mempertanggungjawabkan secara
ilmiah tindak perbaikan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa.
|
||||||||
No
|
Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Tugas Tutorial
|
Model Tutorial
|
Daftar Pustaka
|
Tutori-al Ke
|
|||
1
|
Mahasiswa
dapat: menerap kan prinsip-prinsip PTK,
menjelaskan Konsep dasar PKP, menjelaskan tentang hakekat PKP.
|
- Orientasi PKP
|
-
Hakikat dan
ketentuan PKP
|
|
STAD (student team
achievement division)
|
Tim FKIP. 2012. Pemantapan Kemampuan profesional.Jakarta.
Universitas Terbuka.
|
I
|
|||
2
|
Mahasiswa dapat: menjelaskan kegiatan dan tugas yang harus dilakukan mahasiswa baik dalam persiapan, pembimbingan dan latihan, serta penilaian, memahami penyelenggaraan PKP dan pihak yang terlibat, memahami prosedur penyelenggaraan PKP,
mengetahui sistem
penilaian PKP, mengetahui
alur pengelolaan PKP.
|
Prosedur penyelenggaraan PKP
|
Alur pelaksanaan PKP
|
Mencari
permasalahan disekolah yang bisa diangkat menjadi judul PTK.
|
STAD (student team
achievement division)
|
Tim FKIP. 2012. Pemantapan Kemampuan profesional.Jakarta.
Universitas Terbuka.
|
II
|
|||
3
|
Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan professional melalui
Praktikum RPP Bagian I
|
Menyusun RPP
|
RPP perbaikan siklus 1,
analisis, refleksi
|
Menyusun Bab
I dan II dari PTK yang akan dijadikan
laporan PKP.
|
STAD (student team
achievement division)
|
Tim FKIP. 2012. Pemantapan Kemampuan profesional.Jakarta.
Universitas Terbuka.
|
III
|
|||
4
|
Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan professional melalui
praktikum RPP Bagian II
|
Menyusun RPP
|
RPP perbaikan siklus 2,
analisis
|
Menyusun Bab III dan IV
|
STAD (student team
achievement division)
|
Tim FKIP. 2012. Pemantapan Kemampuan profesional.Jakarta.
Universitas Terbuka.
|
IV
|
|||
5
|
Mahasiswa
dapat menyusun Laporan akhir Pelaksanaan
PKP, memahami urutan langkah-langkah
penyusunan laporan akhir, menyusun draft laporan akhir Pelaksanaan PKP
|
Menulis Karya Ilmiah, laporan
PKP
|
Menyusun laporan PKP
|
Menyusun Bab V dan Kesimpulan.
|
STAD (student team
achievement division)
|
Tim FKIP. 2012. Pemantapan Kemampuan profesional.Jakarta.
Universitas Terbuka.
|
V
|
|||
6
|
Mahasiswa dapat
menyusunan Laporan Akhir Pelaksanaan PKP.
|
Menyusun
Laporan PKP
|
Mengutip referensi dari
internet
|
Menyusun abstrak dari laporan
PKP.
|
STAD (student team
achievement division)
|
Tim FKIP. 2012. Pemantapan Kemampuan profesional.Jakarta.
Universitas Terbuka.
|
VI
|
|||
7
|
Mahasiswa dapat mereview
Laporan PKP dan menyusun Karil (karya ilmiah)
|
Review laporan PKP
|
Membuat karya ilmiah
|
Mengupload
Hasil Laporan PKP sebagi Laporan Karil.
|
STAD (student team
achievement division)
|
Tim FKIP. 2012. Pemantapan Kemampuan profesional.Jakarta.
Universitas Terbuka.
|
VII
|
|||
8
|
Mahasiswa dapat menyusun
karil dan Up-load karil ke web site http:// karil.ac.ut.id
|
Karya Ilmiah
|
Upload karil
|
Mengupload
Hasil Laporan PKP sebagi Laporan Karil.
|
STAD (student team
achievement division)
|
Tim FKIP. 2012. Pemantapan Kemampuan profesional.Jakarta.
Universitas Terbuka.
|
VIII
|
|||
|
|||
|
|||
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
No. 1
Mata Kuliah
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional (PDGK4501)
|
Semester
|
:
|
10
|
SKS/Pertemuan
|
:
|
4 SKS / 1
|
Nama Tutor
|
:
|
Anang Hargiyanto, S.Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat: menerap kan prinsip-prinsip PTK, menjelaskan
Konsep dasar PKP, menjelaskan tentang hakekat PKP.
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
Mahasiswa dapat menjelaskan hakikat dan ketentuan PKP
|
Judul Modul
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional
|
Pokok Bahasan
|
:
|
-
Hakikat PKP
-
Ketentuan PKP.
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
-
Tugas Mahasiswa
-
Tugas S.upervisor 1
-
Tugas S.upervisor 2
|
Model Tutorial
|
:
|
STAD (student team achievement division)
|
Tahap Kegiatan
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Media
|
|
Tutor
|
Mahasiswa
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1. Tahap Persiapan
2. Kegiatan Awal
3. Kegiatan Inti
4. Penutup
|
- Memberikan
gambaran keseluruhan materi pada setiap pertemuan.
- Membangkitkan
minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
- Menjelas
hakikat PKP
- Menje
- Mendiskusikan
persiapl
PKP
Menyimpulkan bagaimana hakikat dan ketentuan
PKP
|
Mengikuti tutorial, belajar sesuai
arahan tutor
|
10 mnt
100 mnt
10 mnt
|
|
Mesuji, 15 Maret 2014
Tutor,
Anang Hargiyanto, S.Pd
Nip. 198001012006041031
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
No. 2
Mata Kuliah
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional (PDGK4501)
|
Semester
|
:
|
10
|
SKS/Pertemuan
|
:
|
4 SKS / 2
|
Nama Tutor
|
:
|
Anang Hargiyanto, S.Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat: menjelaskan kegiatan dan tugas yang harus dilakukan mahasiswa baik dalam persiapan, pembimbingan dan latihan, serta penilaian, memahami penyelenggaraan PKP dan pihak yang terlibat, memahami prosedur penyelenggaraan PKP,
mengetahui sistem
penilaian PKP, mengetahui
alur pengelolaan PKP.
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
Mahasiswa mampu menjelaskan prosedur penyelenggaraan PKP
|
Judul Modul
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Alur pelaksanaan PKP
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
Pembimbingan dan latihan, serta
penilaian
|
Model Tutorial
|
:
|
STAD (student team achievement division)
|
Tahap Kegiatan
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Media
|
|
Tutor
|
Mahasiswa
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1. Tahap Persiapan
2. Kegiatan Awal
3. Kegiatan Inti
4. Penutup
|
- Memberikan gambaran keseluruhan materi pada pertemuan kedua.
- Membangkitkan minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
Menjelaskan
tugas yang harus dilakukan mahasiswa
baik dalam persiapan, pembimbingan dan latihan, serta
penilaian, memahami penyelenggaraan PKP dan pihak yang terlibat
Menyimpulkan prosedur dan tugas-tugas dalam PKP
|
Mengikuti tutorial, belajar sesuai arahan tutor
|
10 mnt
100 mnt
10 mnt
|
|
Mesuji, 22 Maret 2014
Tutor,
Anang Hargiyanto, S.Pd
Nip. 198001012006041031
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
No. 3
Mata Kuliah
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional (PDGK4501)
|
Semester
|
:
|
10
|
SKS/Pertemuan
|
:
|
4 SKS / 3
|
Nama Tutor
|
:
|
Anang Hargiyanto, S.Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan professional melalui Praktikum
RPP Bagian I.
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
Menyusun RPP perbaikan
|
Judul Modul
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Merencanakan perbaikan
pembelajaran 1
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
Refleksi untuk menyusun RPP siklus 1
|
Model Tutorial
|
:
|
STAD (student team achievement division)
|
Tahap Kegiatan
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Media
|
|
Tutor
|
Mahasiswa
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1. Tahap Persiapan
2. Kegiatan Awal
3. Kegiatan Inti
4. Penutup
|
Membangkitkan minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
Menyusun RPP perbaikan siklus 1
Menyimpulkan bagaimana menyusun RPP
|
Mengikuti tutorial, belajar sesuai
arahan tutor
|
10 mnt
100 mnt
10 mnt
|
|
Mesuji, 29 Maret 2014
Tutor,
Anang Hargiyanto, S.Pd
Nip.
198001012006041031
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
No. 4
Mata Kuliah
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional (PDGK4501)
|
Semester
|
:
|
10
|
SKS/Pertemuan
|
:
|
4 SKS / 4
|
Nama Tutor
|
:
|
Anang Hargiyanto, S.Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan professional melalui
praktikum RPP siklus
II
|
Kompetensi Khusus
|
:
|
Menyusun RPP
perbaikan 2
|
Judul Modul
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Merencanakan perbaikan
pembelajaran 2
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
Refleksi untuk menyusun
RPP siklus 2.
|
Model Tutorial
|
:
|
STAD (student team achievement division)
|
Tahap Kegiatan
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Media
|
|
Tutor
|
Mahasiswa
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1. Tahap Persiapan
2. Kegiatan Awal
3. Kegiatan Inti
4. Penutup
|
Membangkitkan minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
Mendiskusikan rencana perbaikan pembelajaran 2
Menyimpulkan bagaimana merencanakan perbaikan pembelajaran
|
Mengikuti tutorial, belajar sesuai
arahan tutor
|
10 mnt
100 mnt
10 mnt
|
|
Mesuji, 5 April 2014
Tutor,
Anang Hargiyanto, S.Pd
Nip.
198001012006041031
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
No. 5
Mata Kuliah
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional (PDGK4501)
|
Semester
|
:
|
10
|
SKS/Pertemuan
|
:
|
4 SKS / 5
|
Nama Tutor
|
:
|
Anang Hargiyanto, S.Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat
menyusun Laporan akhir Pelaksanaan
PKP, memahami urutan langkah-langkah
penyusunan laporan akhir, menyusun draft laporan akhir Pelaksanaan PKP
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
Menyusun drat laporan PKP
|
Judul Modul
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Menyusin
bab I - III
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
Mencari referensi teoritis
|
Model Tutorial
|
:
|
STAD (student team achievement division)
|
Tahap Kegiatan
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Media
|
|
Tutor
|
Mahasiswa
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1. Tahap Persiapan
2. Kegiatan Awal
3. Kegiatan Inti
4. Penutup
|
Membangkitkan minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
Menyusin bab I - III
Mencari landasan teori
Menyimpulkan bagaimana mengambil referensi
|
Mengikuti tutorial, belajar sesuai
arahan tutor
|
10 mnt
100 mnt
10 mnt
|
|
Mesuji, 12 April 2014
Tutor,
Anang Hargiyanto, S.Pd
Nip. 198001012006041031
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
No. 6
Mata Kuliah
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional (PDGK4501)
|
Semester
|
:
|
10
|
SKS/Pertemuan
|
:
|
4 SKS / 6
|
Nama Tutor
|
:
|
Anang Hargiyanto, S.Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat menyusun Laporan akhir Pelaksanaan PKP, memahami urutan langkah-langkah penyusunan laporan akhir, menyusun
draft laporan akhir Pelaksanaan PKP.
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
Menyusun drat laporan PKP
|
Judul Modul
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Menyusin
bab IV - V
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
Analisis hasil perbaikan
pembelajaran
|
Model Tutorial
|
:
|
STAD (student team achievement division)
|
Tahap Kegiatan
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Media
|
|
Tutor
|
Mahasiswa
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1. Tahap Persiapan
2. Kegiatan Awal
3. Kegiatan Inti
4. Penutup
|
Membangkitkan minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
Menyusin bab IV - V
dan daftar pustaka
Menyusun Lap PKP
Menyimpulkan analisis hasil perbaikan pembelajaran
|
Mengikuti tutorial, belajar sesuai
arahan tutor
|
10 mnt
100 mnt
10 mnt
|
|
Mesuji, 19 April 2014
Tutor,
Anang Hargiyanto, S.Pd
Nip.
198001012006041031
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
No. 7
Mata Kuliah
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional (PDGK4501)
|
Semester
|
:
|
10
|
SKS/Pertemuan
|
:
|
4 SKS / 7
|
Nama Tutor
|
:
|
Anang Hargiyanto, S.Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat mereview Laporan PKP dan menyusun Karil
(karya ilmiah)
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
Menyusun Karil
|
Judul Modul
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Menyusun karil
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
Mengambil bagian laporan PKP
untuk karya ilmiah
|
Model Tutorial
|
:
|
STAD (student team achievement division)
|
Tahap Kegiatan
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Media
|
|
Tutor
|
Mahasiswa
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1. Tahap Persiapan
2. Kegiatan Awal
3. Kegiatan Inti
4. Penutup
|
Membangkitkan minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
Menyusun karil
Memberikan tugas 3
Tanya jawab tentang karil
|
Mengikuti tutorial, belajar sesuai
arahan tutor
|
10 mnt
100 mnt
10 mnt
|
|
Mesuji, 26 April 2014
Tutor,
Anang Hargiyanto, S.Pd
Nip.
198001012006041031
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
No. 8
Mata Kuliah
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional (PDGK4501)
|
Semester
|
:
|
10
|
SKS/Pertemuan
|
:
|
4 SKS / 8
|
Nama Tutor
|
:
|
Anang Hargiyanto, S.Pd
|
Kompetensi Umum
|
:
|
Mahasiswa dapat menyusun karil dan Up-load karil ke web
site http:// karil.ac.ut.id
|
Kompetensi
Khusus
|
:
|
Upload Karil
|
Judul Modul
|
:
|
Pemantapan
Kemampuan Profesional
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Karya ilmiah
|
Sub Pokok
Bahasan
|
:
|
Upload Karil
|
Model Tutorial
|
:
|
STAD (student team achievement division)
|
Tahap Kegiatan
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Media
|
|
Tutor
|
Mahasiswa
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1. Tahap Persiapan
2. Kegiatan Awal
3. Kegiatan Inti
4. Penutup
|
Membangkitkan minat mahasiswa terhadap materi yang akan dibahas.
Upload Karil
Tanya jawab, riview, Upload Karil
|
Mengikuti tutorial, belajar sesuai
arahan tutor
|
10 mnt
100 mnt
10 mnt
|
|
Mesuji, 3 Mei 2014
Tutor,
Anang Hargiyanto, S.Pd
Nip.
198001012006041031
CATATAN
PERTEMUAN TUTORIAL
Kode MK :
PDGK4501 Masa
Ujian : 2014.1
Judul MK : Pemantapan Kemampuan Profesional Pokjar/Kab : Mesuji
TUTOR : Anang Hargiyanto,S.Pd Kode
Kelas :
RAT - SAT
|
Tanggal
|
Catatan Kegiatan
|
Untuk Ditindak lanjuti
|
Paraf
|
||
Pertemuan ke-
|
Materi
|
Tutor
|
Pen.
Jawab
|
|||
1
|
Orientasi PKP
|
15
Maret 2014
|
Orientasi mendiskusikan kompetensi yang harus dicapai
mahasiswa dlm mata kuliah PKP, dan mengulas kembali konsep PTK, kaitan PKM
dan PTK, serta pemberian Tugas untuk melakukan refleksi tentang kejadian pembelajaran
yg telah dilalui dan mencatat permasalahan pembelajaran.
|
-
Diskusi PKP
-
Mencari Permasalahan
yang bisa diangkat untuk
PKP.
|
|
|
2
|
Refleksi, RPP Perbaikan 1
|
22
Maret 2014
|
Menjelaskan
tugas yang harus dilakukan mahasiswa
baik dalam RPP perbaikan, metode pembimbingan dan latihan, serta
penilaian, penyelenggaraan PKP dan pihak yang terlibat
|
Menentukan/mencari
kekurangan dari pelaksanaan
kegiatan belajar disekolah
dijadikan dasar melakukan
perbaikan pembelajaran.
|
|
|
3
|
Refleksi, RPP perbaikan 2
|
29 Maret
2014
|
Menyusun RPP perbaikan siklus 1.
|
Melaksanakan perbaikan pembelajaran pd siklus 1 dan berdiskusi
dg pembimbing, teman sejawat tentang temuan yg diperoleh dlm tindakan
perbaikan siklus 1
|
|
|
4
|
Analisis hasil perbaikan pembelajaran
|
55 April 2014
|
Mendiskusikan rencana perbaikan pembelajaran siklus 2.
|
Melaksanakan perbaikan pembelajaran pd siklus 2.dan berdiskusi
dg pembimbing, teman sejawat tentang temuan yg diperoleh dlm tindakan
perbaikan siklus 2.
|
|
|
5
|
Menyusun laporan PKP
|
12
April 2014
|
Menyusun bab I - III
Mencari landasan teori
|
Menyusun Bab I -
V dan Kesimpulan.
|
|
|
6
|
Referensi teoritis
|
19
April 2014
|
Menyusin bab IV - V
dan daftar pustaka
Menyusun Lap. PKP
|
Mengutip referensi dari internet
|
|
|
7
|
Review laporan PKP, Karil
|
26
April 2014
|
Menyusun
Karya Ilmiah
|
Mengedit PKP untuk Laporan Karya Ilmiah
|
|
|
8
|
Upload Karil
|
3 Mei
2014
|
Upload Karil
|
Upload karil
|
|
|
Mesuji, April
2014
Tutor,
ANANG
HARGIYANTO,S.Pd
NIP. 19800101 200604 1 031
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar